Wisata Ketep Pass: Menatap Gagahnya Gunung Merapi dari Magelang

Ketep Pass yang berada di Kabupaten Magelang adalah sebuah objek wisata alam kegunungapian, khususnya untuk Gunung Merapi. Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 mdpl. Sementara untuk luas areanya mencapai sekitar 8000 meter persegi. Ketep Pass juga berjarak sekitar 17 kilometer dari kawasan Blabak Magelang (ke arah timur) atau sekitar 30 kilometer dai pusat Kota Magelang.

Bagi Anda yang berangkat dari Kota Salatiga dapat menempuh jarak 35 kilometer. Untuk transportasi mencapai objek wisata ini sendiri dapat menggunakan kendaraan pribadi baik itu motor atau mobil maupun mini bus hingga bus besar.

Kegiatan Wisata Seputar Ketep Pass

1. Gardu Pandang

Ketep PassGardu pandang Ketep Pass berupa dua buah gazebo dengan ukuran masing-masing empat persegi panjang serta bangunan berbentuk segi delapan. Tempat yang satu ini merupakan lokasi favorit bagi para pengunjung yang ingin melihat indahnya alam Gunung Merapi sekaligus Gunung Merbabu. Dari gardu pandang ini saya juga dapat menyaksikan hamparan lahan pertanian yang ada di kedua kaki gunung api tersebut. Bagi Anda yang ingin berlama-lama di tempat ini, minuman atau makanan yang disediakan oleh para pedagang disekitar objek wisata akan menjadi pilihan yang sangat tepat.

 

2. Ketep Vulkano Theatre

Ketep Volcano TheatreIni merupakan sebuah gedung yang digunakan sebagai tempat pemutaran film dokumenter aktivitas Gunung Merapi dengan kapasitas penonton mencapai 78 kursi. Disini diputar film ilmiah, menceritakan terjadinya penelitian di puncak Garuda maupun jalur-jalur pendakian menuju Merapi. Bahkan Anda juga dapat menyaksikan letusan dahsyat dari Gunung Merapi. Sayangnya ketika berkunjung ke tempat ini saya tidak sempat duduk manis di dalam Ketep Vulkano Theatre karena digunakan oleh sejumlah sekolah yang kebetulan sedang mengadakan study tour. Gedung ini berada tepat dibawah Restoran Ketep Pass dan menghadap ke arah Gardu Pandang.

 

3. Ketep Vulkano Centre

Ketep Volcano CenterKetep Vulkano Centre merupakan sebuah museum vulcanologi dengan miniatur Gunung Metapi di bagian dalamnya. Terdapat juga sejumlah komputer yang menayangkan informasi dokumen kegunungapian. Bahkan di dalam gedung ini Anda dapat menyaksikan contoh batu-batuan yang menjadi bukti dari letusan dahsyat Gunung Merapi dari tahun ke tahun. Tidak jauh dari miniatur Gunung Merapi ini saya melihat poster puncak Garuda sekaligus poster peringatan dini mengenai lahar Merapi.

 

Ketep Volcano Center4. Pelataran Panca Arga 

Untuk yang satu ini menjadi lokasi puncak tertinggi di Ketep Pass. Dari puncak tertinggi yang memiliki arti Lima Gunung ini saya dapat menyaksikan secara langsung Lima Gunung dari kejauhan, yaitu Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Metbabu, Gunung Sumbing serta Gunung Slamet. Selain kelima gunung tersebut masih terlihat cukup jelas sejumlah perbukitan yang sangat indah seperti Gunung Andong, Bukit Telo Moyo, Gunung Tidar dan masih banyak lagi.

 

5. Teropong

Ingin melihat landscape Gunung Merapi dengan sudut pandang yang berbeda? Disini Anda dapat menyaksikan indahnya Gunung Merapi dan gunung-gunung disekaitarnya menggunakan teropong yang ada di puncak Panca Arga serta Gardu Pandang.

Restoran Ketep Pass

Merasa lapar setelah bersantai di pucak Panca Arga atau Gardu Pandang? Tenang saja, di Restoran Ketep Pass Anda dapat menikmati berbagai menu sesuai dengan selera Anda. Ini akan menjadi kegiatan yang tidak kalah menarik, dimana Anda dapat menikmati indahnya panorama Gunung Merapi dan Merbabu sambil mengisi perut yang lapar dengan hidangan super lezat.

Mushola

Bukan hanya memberikan wawasan luas mengenai sejarah hingga panorama gunung-gunung berapi, objek wisata yang satu ini juga menyediakan fasilitas yang memang sangat memadai. Bagi pengunjung muslim, maka ketika tiba waktu shalat dapat beristirahat sejenak dan menjalankan shalat di mushola yang tidak jauh dari area parkir. Bangunan mushola ini begitu artistik dan lengkap dengan tempat wudhu beserta toilet.

Ketep Volcano Center
Ketep Pass

 

Ketep Volcano Center

 

 

10 total views, 2 views today

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *