TIPS!! Barang yang Wajib Dibawa Ketika Berlibur

Masa liburan sebentar lagi tiba, khususnya bagi siswa-siswi yang masih duduk di bangku sekolah. Liburan menjelang hari Natal dan tahun baru ini seringkali dijadikan sebagai moment untuk merefresh otak yang penat setelah selama berbulan-bulan berkutat dengan materi pelajaran, tugas kuliah maupun tugas-tugas kantor. Berbagai tempat tujuan wisata sudah disiapkan kedalam daftar panjang buku harian, persiapan budget dan barang-barang yang diperlukan selama liburan juga sudah tertata rapi.

Barang bawaan yang dibutuhkan selama liburan seringkali menjadi sebuah masalah yang tak kunjung bisa dipecahkan. Takut akan tertinggalnya beberapa barang kesayangan, takut barang yang dibawa justru tidak bermanfaat dan masih banyak lagi. Hal-hal semacam inilah yang kemudian menjadikan liburan terasa kurang menyenangkan.Nah.. Bagi yang sedang mempersiapkan keperluan liburannya, berikut ada beberapa tips membawa barang bawaan yang tepat dan bermanfaat selama liburan.Silahkan disimak.

1.Dokumen Pribadi

Ketika beribur, dokumen-dokumen pribadi seperti kartu identitas pribadi, paspor, visa dan tiket, ATM, kartu nama tentu harus selalu dibawa. Simpan dokumen-dokumen tersebut pada tempat yang rapi dan aman. Aman disini maksudnya bukan sekedar aman dari kehilangan atau ketinggalan, akan tetapi lebih menuju pada perlindungan terhadap ancaman-ancaman yang bisa menyebabkan kerusakan dokumen. Misalnya terkena tumpahan air, bahan perwarna dan lain sebagainya.Anda bisa menggunakan dompet atau tas kecil khusus untuk menyimpan dokumen.

 

2.Pakaian

Barang wajib yang kedua ini merupakan yang biasanya paling banyak memenuhi isi koper atau tas. Tips utama dalam memilih pakaian yang akan dikenakan selama liburan, terutama jika keluar kota dan menginap adalah:
• bawalah pakaian yang baik atasan maupun bawahannya terbuat dari bahan yang mudah dilipat serta mudah kering. Untuk atasan pada umumnya berbahan kaos, sedangkan untuk bawahan sebaiknya hindari bahan jeans. Lebih baik kenakan rok berbahan katun atau bahan lentur agar mudah untuk dipacking.
• Jangan terlalu banyak membawa pakaian, cukup bawa seperlunya saja. Membawa pakaian terlalu banyak sebenarnya selain berat dan membebani perjalanan juga lebih pada aspek pertimbangan untuk mencuci baju selama di perjalanan atau maasa liburan.
• Jika memang harus menginap selama berhari-hari dan harus mencuci pakaian di wilayah berlibur. Usahakan untuk mencari laundry yang bersahabat dengan kantong anda, pada umumnya laundry kiloan merupakan jenis yang paling hemat.

 3.Keperluan/Peralatan Mandi

Barang yang selanjutnya tentu saja peralatan mandi.Bawa keperluan mandi yang seperlunya saja, tidak perlu memindahkan seluruh peralatan mandi ke tempat lebih kecil seperti sampo, sabun cair, lotion, dan lain sebagainya. Bisa juga disiasati dengan membeli di kota ataunegara tujuan. Terutama jika kota atau negara tujuan memiliki tingkat cuaca yang cukup ektrem, misalnya saja negara-negara Eropa atau Timur Tengah. Sangat disarankan untuk membeli perlengkapan mandi di negara tujuan saja, agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit yang tengah beradaptasi dengan cuaca sekitar. Jika berniat untuk membawa handuk, sebaiknya bawalah handuk yang kecil agar tidak terlalu berat dan memenuhi koper atau tas.

Dengan mengemas rapi setiap kebutuhan liburan yang dibutuhkan, anda tidak perlu khawatir lagi akan meninggalkan barang-barang penting atau justru terlalu berlebih membawa barang. Jadi, sekarang anda bisa menikmati liburan yang tenang dan nyaman.

Semoga tips diatas bermanfaat dan selamat berlibur 🙂

33 total views, 1 views today

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *