Solo Traveling ke Kota Gudeg? 5+ Tempat Wisata Ini Bisa Dijangkau Dengan TransJogja Lho!

solo traveling

Yogyakarta memang menjadi salah kota paling direkomendasikan untuk solo traveling, khususnya bagi para solo traveler perempuan. Selain terbilang aman, berbagai keperluan traveling di Kota Gudeg juga terbilang cukup murah. Baik itu penginapan, kuliner, tiket masuk tempat wisata, hingga transportasi.

 

Nah, bagi yang pertama kali ingin melakukan solo traveling ke Kota Gudeg, tidak ada salahnya lho mencoba berkeliling menggunakan bus TransJogja. Tenang saja, bus yang satu ini juga melewati sejumlah tempat wisata populer yang ada di Yogyakarta kok. Apalagi budget yang harus dikeluarkan untuk sekali perjalanan menggunakan TransJogja ini sangat terjangkau, yaitu 3.500 rupiah saja.

 

Bukan hanya tunai, TransJogja juga menerima pembayaran menggunakan e-money. Bahkan harganya menjadi lebih murah, yakni hanya sebesar 2.700 rupiah. Wah, lumayan kan hemat 800 rupiah untuk setiap satu kali perjalanan. Lalu tempat wisata mana saja sih yang bisa dijangkau menggunakan bus TransJogja?

 

Malioboro, Titik 0 Km, dan Benteng Vredeburg

Titik 0 Km Jogja

Menuju ke Malioboro dari Terminal Jombor bisa ditempuh menggunakan TransJogja trayek 2A. Sementara dari Stasiun Tugu, selain trayek 2A juga ada pilihan lain yakni dengan menggunakan trayek 1A. TransJogja trayek 1A ini juga bisa mengantarkan kamu ke Malioboro dari Bandara Adisucipto. Bagi yang memilih naik kereta dan turun di Stasiun Lempuyangan, menuju ke Malioboro bisa dengan naik TransJogja trayek 3A.

 

Halte TransJogja di Malioboro sendiri terbagi menjadi 2, yaitu Halte Malioboro 1 dan Malioboro 2. Silahkan pilih yang paling dekat dengan tujuan kamu.

 

Nah, setelah sampai di Malioboro kamu bisa berjalan kaki menuju ke Benteng Vredeburg, Titik 0 Km, dan Monumen Batik Yogyakarta. Tetapi jika tujuan kamu adalah langsung menuju ke Benteng Vredeburg atau Titik 0 Km, silahkan turun di Halte Ahmad Yani yang berada di dekat Benteng Verdeburg.

 

Candi Prambanan

candi prambanan

source: ngetripyuk.id

Sudah traveling ke Jogja, rasanya kurang afdol bukan kalau tidak mampir ke Candi Prambanan? Tetapi untuk bisa menuju ke Candi Prambanan menggunakan TransJogja, kamu hanya bisa menggunakan trayek 1A.

 

Jadi, kalau kamu solo traveling ke Jogja dan turun di Terminal Jombor, Terminal Giwangan, atau Stasiun Lempuyangan, agar lebih mudah pilih rute menuju ke Malioboro terlebih dahulu. Setelah sampai di Malioboro pindah ke bus TransJogja trayek 1A menuju ke Candi Prambanan.

 

Lebih mudah lagi bagi kamu yang ingin menuju Candi Prambanan langsung dari Stasiun Tugu, karena TransJogja trayek 1A memang melewati Stasiun Tugu. Sementara dari Bandara Adisucipto, jika ingin naik TransJogja ke Candi Prambanan bisa keluar terlebih dahulu dari bandara menuju ke Halte Jl. Solo Maguwo. Kemudian kamu bisa naik TransJogja trayek 1A yang langsung menuju ke Candi Prambanan.

 

Kebun Binatang Gembira Loka

gembira loka

source: gembiralokazoo.com

Dalam perjalanan menuju ke Candi Prambanan menggunakan TransJogja 1A, baik dari Malioboro maupun Stasiun Tugu, kamu juga bisa lho mampir sebentar ke Kebun Binatang Gembira Loka. Ya, meskipun memang tidak berhenti tepat di depan Gembira Loka, tetapi kamu hanya tinggal menyeberang dan berjalan sebentar kok dari Halte TJ Kusumanegara.

 

Selain itu, kamu juga bisa naik TransJogja trayek 1B dari Bandara Adisucipto atau trayek 2B dari Terminal Condongcatur.

 

Alun-Alun Kidul dan Taman Sari

taman sari jogja

Begitu sampai di Terminal Jombor kamu bisa langsung naik TransJogja trayek 9 jika ingin berkunjung ke Alun-Alun Kidul. Selain trayek 9, kamu juga bisa menggunakan trayek 3A dari Malioboro, Terminal Condongcatur, atau Stasiun Lempuyangan.

 

Hanya perlu jalan sebentar dari Alun-Alun Kidul, kamu sudah bisa sekaligus mengunjungi Plengkung Nirbaya Gading, Taman Sari Village, Sumur Gumuling, dan Kampung Cyber Yogyakarta.

 

Monumen Jogja Kembali dan Taman Pelangi

taman pelangi

Menggunakan TransJogja trayek 2A, 2B, atau 5B dari Terminal Jombor kamu bisa turun langsung di Halte Monjali 1. Siang harinya kamu bisa berkunjung ke museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia di Monumen Jogja Kembali. Sementara saat malam tiba, kamu bisa menghabiskan waktu menikmati keindahan Taman Pelangi yang penuh dengan lampion warna warni.

 

Wah, cukup dengan naik TransJogja yang murah meriah ternyata ada cukup banyak tempat wisata yang bisa dijelajahi di Kota Gudeg ya. Jadi, sudah tidak perlu bingung lagi kan memilih transportasi untuk solo traveling ke Yogyakarta? Sudah siap berangkat sekarang?

  • 2
    Shares

No Comments

Leave a Comment