“Senjata” Penggila Wisata Outdoor

“Senjata” Penggila Wisata Outdoor

Siapa sih yang tidak suka dengan wisata outdoor? Bisa dibilang hampir secara keseluruhan traveller cenderung hobi mengeksplore wisata outdoor dengan berbagai tantangannya. Saya sendiri lebih suka berpetualang mencari curug atau menjelajah pantai dibanding berada di dalam museum (tidak untuk ditiru). Namun, memiliki hobi travelling outdoor tentunya harus benar-benar memperhatikan perlengkapan yang dibawa. Terutama perlengkapan yang berhubungan dengan tubuh.

Nah, apa saja sih “senjata” yang penting banget untuk dibawa saat akan berwisata outdoor?

PAKAIAN

Baju Tahan Air dan/atau Angin

Saat travelling kalian tidak pernah bisa 100% memprediksi cuaca yang akan dihadapi saat berada di jalan menuju destinasi wisata atau saat sudah berada di lokasi wisata tujuan. Bisa saja tiba-tiba muncul angin kencang atau hujan. Berhadapan dengan cuaca panas sepertinya bukan masalah besar, tetapi bangaimana dengan hujan atau angin kencang yang bisa membuat daya tahan tubuh menurun bahkan jatuh sakit?

Untuk mencegah sakit saat travelling karena cuaca yang sangat tidak bisa diprediksi, memang sangat dianjurkan kalian memakai baju tahan air sekaligus tahan angin. Salah  satunya adalah baju berbahan nilon yang pastinya dengan mudah bisa didapatkan dari toko-toko baju. Paling tidak dalam bentuk jaket yang siap dipakai setiap saat.

Kaos/Baju dan Kaos Kaki yang Menyerap Keringat

Saat travelling outdoor, terutama saat cuaca panas, membuat tubuh dibanjiri oleh keringat. Baju atau kaos yang tidak menyerap keringat hanya akan membuat kalian tidak nyaman. Selain itu, karena tidak mungkin segera berganti pakaian, bisa saja menimbulkan iritasi pada kulit.

Bukan hanya baju, kaos kaki yang menyerap keringat juga tidak kalah pentingnya bagi penggila wisata outdoor. Kaos kaki yang dipakai juga bisa melindungi dari sengatan serangga yang mungkin ditemui selama berpetualang. Silahkan bawa lebih dari satu pasang kaos kaki, sehingga saat kaos kaki basah bisa memakai kaos kaki yang lainnya.

Sepatu atau Boots

Ada begitu banyak benda yang bisa saja melukai kaki saat berada di area outdoor. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak memakai sandal. Kecuali saat memutuskan untuk berlibur ke pantai. Selain  sandal tidak menutup seluruh permukaan kaki, umunya sandal memiliki bahan yang licin sehingga membuat kalian rawan terpeleset.

PERLENGKAPAN PENDAMPING

Botol Air Minum

Jika kalian bertujuan untuk hiking atau trekking, bisa dibilang menemukan air cukup sulit dilakukan saat berada di atas gunung. Meskipun mungkin kalian bisa menemukan sumber air, akan dibutuhkan wadah untuk menampungnya. Maka dari itu, botol air minum menjadi salah satu perlengkapan paling penting dibawa agar kalian tidak dehidrasi selama hiking atau trekking. Bisa juga kalian lengkapi dengan penyaring air untuk memastikan air yang akan kalian minum bersih.

Minyak Gosok

Keberadaan minyak gosok saat travelling outdoor bukan hanya bermanfaat bagi pemilik kulit sensitif. Perlengkapan pendamping yang satu ini berguna melindungi kulit dari serangan serangga saat berada di area outdoor. Kalian bisa mendapatkannya dengan mudah di supermarket atau warung terdekat.

Selain dari “senjata” utama yang penting untuk melindungi diri saat travelling outdoor di atas, bagi kalian yang suka wisata outdoor jangan lupa mempersiapkan kamera untuk mendokumentasikan setiap petualangan kalian. Pastikan juga kamera yang kalian bawa sudah dibekali dengan perlengkapan perlindungan saat dibawa travelling outdoor, seperti misalnya pelindung tahan air.

~ Happy Travelling ~

Image: pixabay.com

1 comment found

  1. Terimakasih sudah sharing.
    Bener banget tuh harus benar-benar memperhatikan perlengkapan yang dibawa. Terutama perlengkapan yang berhubungan dengan tubuh.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

error: Content is protected !!