Rayuan Pohon Kering, Bukit Harapan Cuntel

Holla… holla.. holla.. Ada yang menunggu postingan baru di blog My Life My Adventure? Berharapnya sih ada ya *meringis*. Yap! Postingan pertama di 2016 kali ini akan membawa Anda untuk menyusuri sisi lain lereng Gunung Merbabu. Biasanya hal pertama yang melintas di kepala ketika mendengar Gunung Merbabu pasti seputar pendakian, naik gunung dan kata-kata sejenisnya.  Tetapi kali ini Anda bisa tetap berada di sekitar Gunung Merbabu tanpa mendaki. Kok bisa?

Meneropong langit Indonesia dari Pohon Kering Cuntel

Nama Bukit Harapan dengan pohon keringnya sepertinya sudah bukan hal yang asing lagi di telinga pemburu keindahan yang tinggal di Salatiga. Ya, pohon kering seakan-akan telah menjelma icon wisata baru di kawasan Kopeng, Salatiga. Banyak muda-mudi yang berbondong-bondong untuk bisa berkunjung ke tempat wisata super murah meriah ini. Memangnya apa yang menarik dari Bukit Harapan Cuntel?
Destinasi wisata super murah yang berada di depan pos pendakian Merbabu di Cuntel ini bisa dikatakan sebagai spot selfie ala Kalibiru dan Omah Kayu bernuansa Salatiga. Disini Anda yang menyempatkan diri untuk datang bisa berfoto di
ketinggian (pohon kering 1/ pohon kering 2). Backgroundnya sudah pasti gunung-gunung yang menjulang tinggi dengan gagahnya seperti beberapa diantaranya adalah Gunung Andong dan Telomoyo yang terdekat dengan lokasi.
Lebih beruntung lagi jika berkunjung saat cuaca sedang cerah, sehingga bisa menangkap cahaya jingga matahari terbenam. Eittss.. tetapi tidak jarang Anda juga harus rela mengantri panjang demi bisa berfoto cantik di atas papan yang sudah disediakan. Terutama saat musim liburan atau weekend tiba. Harap maklum, mengingat biaya yang harus dibayarkan juga cukup murah meriah yaitu Rp 3.000,- untuk parkir sepeda motor/ Rp 5.000,- untuk mobil ditambah Rp 2.000,- untuk masuk lokasi Bukit Harapan. Terlebih lagi si pohon kering seakan terus merayu para pengunjung untuk berpose manja disampingnya.
Bagi yang fobia ketinggian seperti saya bisa juga mengabadikan foto dengan latar pemandangan sekitar saja tanpa perlu naik ke atas spot selfie pohon kering. Seperti yang bisa Anda lihat di dalam foto dibawah ini, pengunjung dengan asyiknya
berfoto selfie untuk mengabadikan keindahan sekitar meskipun di saat saya berkunjung sebenarnya Salatiga baru saja diguyur hujan, awan hitam masih menggantung di langit Salatiga dan kabut juga masih menyelimuti Bukit Harapan dan sekitarnya.
Ingin bernostalgia? Bisa, karena disini ada dua “ayunan” yang terbuat dari ban. Tenang saja, meskipun hanya duduk manis di atas ayunan Anda bisa merenung sejenak ditemani panorama alam Indonesia yang demikian menakjubkan. Melirik ke kanan Anda bahkan bisa melihat luasnya Rawa Pening yang sedang bersembunyi di balik dua gunung yang menjulang tinggi. Istimewa bukan?

Mengenal Dusun Cuntel nan menggoda

Menyambangi sebuah tempat pastinya akan terasa kurang lengkap dan tersesat. Jadi dibawah ini ada sedikit informasi tambahan bagi Anda yang ingin ikut memopulerkan Bukit Harapan Cuntel.
Dusun Cuntel berada di Kecamatan Getasan yang sebenarnya masih berada dalam naungan Kabupaten Semarang. Meskipun lebih dikenal sebagai kawasan Salatiga. Dusun Cuntel ini sendiri bukan wilayah yang asing lagi bagi para pendaki, terutama pengelana Gunung Merbabu. Dusun yang berada tepat di kaki Gunung Merbabu ini sendiri berada pada ketinggian 1762 mdpl sehingga sangat sejuk dan cocok menjadi pilihan Anda yang tengah penat dengan suasana perkotaan.

 

Ditambah lagi pemandangan hijau dari kebun warga sekitar sangat menggoda untuk berlama-lama menyegarkan pikiran.

 

Mudahnya akses menuju Bukit Harapan Cuntel

Nah, bagi Anda yang berminat berkunjung ke Bukit Harapan Cuntel ini aksesnya sangatlah mudah. Baik datang dari arah Semarang maupun Magelang cukup temukan petunjuk arah menuju Air Terjun Umbul Songo (sekitar 100-200 m dari Taman Rekreasi Kopeng). Silahkan susuri jalan menuju ke Umbul Songo, tetapi setelah berhasil menemukan Umbul Songo di kiri jalan (seperti dalam gambar dibawah ini) Anda masih harus melanjutkan perjalanan.
Selanjutnya Anda akan memasuki gerbang “Jalur Pendakian Cuntel” dan menyusuri hutan pinus. Tetap saja lanjutkan perjalanan Anda hingga sampai ke Gardu Pandang Cuntel.

 

Ingin beristirahat sejenak? Anda bisa beristirahat sambil mengabadikan sebagian keindahan Salatiga dari gardu pandang. Tetapi jika Anda ingin segera sampai ke Bukit Harapan silahkan ambil jalur ke kiri (menanjak) hingga sampai di pos ke-1 jalur pendakian Cuntel.

Pohon kering 2 berada di kanan jalan sebelum pos pendakian. Dari pohon 2 ini Anda juga bisa berfoto dengan latar yang tidak jauh berbeda dengan pohon kering 1. Bahkan pengunjung di pohon 2 juga sangat padat. Sayangnya saya sendiri tidak sempat mampir karena sedang padat-padatnya pengunjung, apalagi harus berkejar-kejaran dengan hujan.
Dari pos pendakian Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga menemukan petunjuk arah “pohon kering” (sekitar 200 m dari pos). Selanjutnya sudah ada petunjuk arah lagi yang lebih jelas menuju “pohon kering 1”.  Parkir kendaraan berada tepat di samping masjid dan Anda bisa melanjutkan perjalanan sembari menikmati kesejukan Dusun Cuntel dengan berjalan kaki menuju Bukit Harapan. Silahkan mampir ke warung sederhana jika Anda sudah merasa lapar.
Selamat berkunjung dan jangan lupa tetap menjaga kebersihan sekaligus keindahannya. Jangan sampai tindakan Anda merusak alam sekitar maupun destinasi wisatanya, sehingga kedepannya teman-teman lain yang belum sempat berkunjung bisa tetap menikmatinya.

 

33 total views, 6 views today

You may also like

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *