Pengalaman Pendaftaran Online Universitas Terbuka

Pengalaman Pendaftaran Online Universitas Terbuka

Disini saya cuma mau sedikit berbagi pengalaman mengenai tata cara melakukan pendaftaran online bagi calon mahasiswa Universitas Terbuka. Seperti yang sudah diketahui, UT merupakan Universitas Negeri satu-satunya yang sudah menerapkan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ).


Karena bergerak untuk memberikan pendidikan tinggi melalui sistem jarak jauh, maka hampir di setiap provinsi seluruh Indonesia ada Unit Pelaksana Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). Kalian bisa mendaftarkan diri secara langsung, tetapi bisa juga melalui Sistem Regristrasi Online (SRO) yang dikembangkan oleh Universitas Terbuka.

Sistem yang satu ini sengaja dibuat guna memudahkan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UT tetapi tidak punya cukup waktu untuk datang langsung ke UPBJJ.

Adapun langkah-langkah untuk mendaftar online antara lain adalah:

1. Persiapkan berkas-berkas penting seperti scan ijazah, pas foto, KTP dengan format JPEG.
2. Buka website //sro.ut.ac.id/ lalu pilih program yang ingin kalian masuki:
Universitas Terbuka
Selanjutnya kalian akan diarahkan ke laman:
Universitas Terbuka
3. Pilih “klik disini” pada kolom PENDAFTARAN. Ini merupakan laman yang dikhususkan untuk mahasiswa baru. Kemudian akan muncul laman seperti:
Universitas Terbuka

4. Silahkan lengkapi formulir pendaftaran yang tertera seperti diatas. Untuk alamat email lebih baik gunakan Gmail saja. Karena dengan email Gmail ini nanti bisa sekaligus digunakan untuk Tutorial Online. Setelah proses pendaftaran selesai akan ada email seperti berikut ini:

Universitas Terbuka
5. Jika sudah mendapatkan nomor account dan password selamjutnya kembali lagi ke halaman awal, pilih “klik disini” dalam kolom ADMISI

 

6. Silahkan masukkan nomor account dan juga password yang sudah dikirimkan ke email. Lalu klik “Login”. Admisi ini merupakan lanjutan dari pendaftaran untuk mengisikan data pribadi calon mahasiswa, kurang lebih lampirannya seperti:
Universitas Terbuka
Universitas Terbuka

 

Ketika mengisi data diri inilah scan ijazah serta beberapa berkas pribadi lainnya di upload pada bagiannya masing-masing.
Setelah proses pengisian data selesai dan semua data sudah benar, maka kemudian akan ada email pernyataan seperti:
Universitas Terbuka

Sampai di proses ini pihak UT akan terlebih dahulu melakukan validasi terhadap semua berkas yang tadi sudah di upload. Sementara untuk berkas pendaftaran asli bisa dikirimkan via Pos ke UPBJJ terdekat di kota Anda. Untuk melihat alamat kantor UPBJJ yang ada di masing-masing kota dapat Anda  lihat disini. Berkas-berkas pelengkap yang juga harus turut dikirimkan via Pos adalah:

 

Universitas TerbukaUniversitas Terbuka

 

Universitas Terbuka

Silahkan tunggu email VALIDASI dari pihak UT. Namun untuk lebih cepatnya berkas bisa langsung dibawa dan diserahkan kepada pihak UPBJJ-UT setempat.

 Email VALIDASI berisi mengenai NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan password untuk melakukan REGRISTRASI MATA KULIAH:
Universitas Terbuka

Sampai disini pendaftaran sudah berhasil dilakukan. Kalian hanya perlu melanjutkan proses Regristrasi Mata Kuliah dan segera melakukan pembayaran uang kuliah sesuai dengan jumlah SKS yang kalian ambil.

 

 

3 comments found

    1. Ada baiknya langsung menghubungi pihak UPBJJ-Jakarta atau datang langsung ke kantor UPBJJ. Karena dari pengalaman, eamil validasi akan dikirimkan 4-7 hari setelah berkas diterima pihak UPBJJ.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

error: Content is protected !!