Pantai Tirang, Daya Tarik Semarang Yang “Merindukan Belaian”

Pantai Tirang, memang rasanya cukup jarang terdengar di telinga para wisatawan sebagai salah satu bagian destinasi wisata di Semarang. Pantai ini berada tidak jauh dari Pantai Marina (beseberangan dengan Pantai Maron). Lebih tepatnya lagi pantai satu ini berlokasi di Desa Tambakrejo, kecamatan Tugurejo, Semarang. Pantai Tirang memberikan panorama keindahan yang sangat khas dari deretan tambak dan mangrove yang berjajar rapi di tepian tambaknya yang mampu memanjakan mata.

Apa yang menarik dari Pantai Tirang?

 
lokasi parkir pantai tirang
Petunjuk area parkir yang hanya tinggal tulisan
 
Meskipun jika dibandingkan dengan Pantai Maron, pantai yang satu ini tergolong cukup memilukan. Pasalnya infrastruktur yang ada lebih memadai di pantai tetangganya yaitu Pantai Maron. Disini satu saja warung penjaja camilan yang terlihat. Tidak terdapat satupun permainan air atau fasilitas khas pantai lainnya. Akan tetapi berada di Pantai Tirang akan membuat Anda dimanjakan dengan suatu pemandangan istimewa khas pantai.
pasir dan ombak pantai tirang
Pasir Cantik Pantai Tirang
Saat sore tiba, hal yang paling menyenangkan adalah menatap indahnya sunset ditemani hembusan angin yang kencang. Akan sangat menyenangkan menyusuri sepanjang pantai yang seolah tiada berujung ini ketika sore hari, berlarian dikejar ombak bergulung ke tepian.
gulungan ombak tepi pantai tirang
Pesona ombak yang bergulung ke tepi pantai
Bagi Anda yang bersedia sejenak melihat akivitas warga sekitar di tambak, Anda mungkin mendapat kesempatan berharga menyaksikan pemilik tambak sedang melakukan budidaya rumput laut dan juga ikan.
pantai tirang banyak sampah
Selfie menikmati sore Pantai Tirang
Bukan hanya itu, Pantai Tirang juga menjadi surga spot memancing. Jadi jangan heran jika berada di pantai ini dan Anda menyaksikan pengunjung sebagian besar terlihat berada di sudut pantai sambil membawa kail. Para pemancing yang datang ke pantai ini biasanya berburu beberapa jenis ikan yang terdiri dari kakap putih atau barramudi, ikan dokan atau kedokan serta ikan kerapu. Muara sungai Silandak sendiri yang menjadi perbatasan antara Pantai Maron dengan Pantai Tirang adalah habitat terbesar dari ikan barramudi yang ada di kawasan kedua pantai Semarang ini.
 
Para pemancing mania
 
 

Pasir lembut beradu dengan sampah

Sebagai salah satu destinasi wisata pantai di Semarang, Pantai Tirang rasanya memang sangat butuh “belaian”. Baik itu dari segi infrastruktur dan berbagai sektor lainnya. Pasalnya keasikan bermain di pantai ini akan sangat terganggu karena banyaknya tumpukan sampah.
Kerang bercampur sampah
Bahkan semak yang sudah sangat tinggi cukup menghalangi pemandangan. Padahal jika sedikit saja diperhatikan Pantai Tirang akan terlihat semakin cantik dengan pasirnya yang lembut dan ombaknya yang bergulung sempurna.
Semak tinggi di tengah pantai

Berjalan menyusuri tepi pantai yang sangat panjang ini bahkan menyisakan sebuah tanya “apakah karena letaknya yang berada dibawah jalur pesawat menjadikan pantai semenarik ini terlupakan?”. Entahlah, setidaknya sebagai pengunjung, Pantai Tirang memiliki pesona yang terbaik diantara para pantai lainnya di Semarang.

Jalur akses menuju Pantai Tirang

Berbicara mengenai jalur menuju Pantai Tirang memang masih tergolong kurang begitu baik. Karena jalanan yang ada sama sekali tidak dapat diakses menggunakan mobil, sehingga jika memang Anda berniat untuk berkunjung ke pantai ini lebih baik gunakan kendaraan bermotor roda dua saja.

Jalur menuju Pantai Tirang
Untuk sampai ke Pantai Tirang Anda perlu terlebih dahulu melewati Perumahan Graha Padma. Baru setelah Anda berhasil melewati kawasan perumahan, Anda langsung melewati tambak-tambak ikan. Jalanan ini dapat dikatakan cukup sepi, hanya terlihat beberapa orang yang sibuk memancing di tepi sungai atau tambak. Anda juga dituntut untuk berani membawa kendaraan Anda menyeberang jembatan kayu dan bambu yang terhubung ke tempat pembelian karcis.
Jembatan ekstrim
Tempat pembelian karcis
Setelah membeli karcis di ujung jembatan bambu, Anda hanya perlu mengikuti jalanan lurus yang berujung di Pantai Tirang.
Pemandangan mangrove dan tambak

 

“Selamat berkunjung ke wisata pantai Semarang, setidaknya ada harapan pantai ini akan mendapat perhatian agar tidak terlihat seperti muara pembuangan sampah dari sisi lain keindahannya.”
Ini pesona ombak Pantai Tirang Semarang ^_^

9 total views, 1 views today

You may also like

8 Comments

    1. betul mbak, emang sayang banget ToT padahal menurut pendapat pribadi pantainya keren…

      sampah2 itu sepertinya kebawa ombak, jadi bisa dibilang efek "buang sampah di sungai/ buang sampah di sembarang tempat" *syedih*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *