Pantai Teluk Awur “Pesona Lain Pantai Jepara Yang Terabaikan”

Pantai Bandengan atau Pantai Kartini mungkin sudah terlalu sering Anda dengar atau kunjungi. Tapi bagaimana dengan Pantai Teluk Awur?

Selain populer sebagai kota ukir sekaligus kota kelahiran dari R.A Kartini, Jepara memang memiliki berbagai macam ikon wisata alam yang menarik. Salah satunya yang sangat sayang untuk dilewatkan yaitu Pantai Teluk Awur. Pantai cantik ini turut menambah eksotisme dari kawasan yang berada di semenanjung Pulau Jawa yang satu ini. Nah, bagi Anda yang belum pernah berkunjung kesini maka pantai dengan pasir putih ini berada di sisi bagian barat kota Jepara yang tepatnya ada di desa Teluk Awur, Tahunan Jepara.

Akses menuju Pantai Teluk Awur

Jalan untuk menuju ke pantai yang satu ini sebenarnya tergolong cukup mulus karena berlokasi tidak jauh dari perkotaan sehingga Anda tidak membutuhkan tenaga ekstra guna menakhlukan jalan yang ada. Ketika berada di kawasan pusat kota Jepara Anda dapat menempuhnya dengan waktu hanya 10 menit saja.

Akan tetapi bagi Anda yang tinggal di Semarang atau Kabupaten Semarang seperti saya, tentu saja membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama jika menjadikan pantai cantik ini sebagai tujuan wisata sehari. Hal yang terpenting ketika mengunjungin Pantai Teluk Awur dari kawasan Semarang adalah sampai di kota Jepara, dengan jalur manapun yang Anda pilih.

Saya sendiri tidak melalui jalur pusat kota Jepara dan memilih jalan melalui jalur Demak – Welahan – Kalinyamatan – Pecangan atau secara lebih jelasnya dapat Anda lihat dalam foto dibawah ini.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan Google Maps, maka cobalah untuk memasukkan Jepara Beach Hotel ke sebagai kata kunci pencarian. Jepara Beach Hotel ini sendiri berada tepat di pintu masuk Pantai Teluk Awur.

Menikmati semilir angin pantai hingga berenang

Seperti halnya ketika berkunjung ke pantai lainnya. Di Pantai Teluk Awur ini, Anda bisa duduk-duduk di beberapa tempat duduk yang sudah tersedia tidak jauh dari tepian pantai guna menikmati angin pantai yang sesekali berhembus begitu kencang. Darisini Anda juga bisa menyaksikan pesona Teluk Awur, perahu yang lalu lalang, ombak pantai yang bergulung menyapu pasir di tepian pantai atau anak-anak yang sibuk bermain dengan pasir dan air laut Teluk Awur.

 

Jika ingin bermain air, maka ada spot penyewaan peralatan di sekitar pantai. Sehingga bisa Anda coba untuk menyewa peralatan tersebut. Meskipun untuk masuk ke kawasan pantai ini gratis, baik itu untuk akses masuk maupun biaya parkir namun untuk masalah penyewaan peralatan tentunya Anda akan dikenakan biaya sewa sesuai dengan tarif yang berlaku. Berhubung saya sendiri tidak menyewa peralatan yang ada, maka saya tidak bisa memberitahukan kisaran biaya sewa yang Anda perlu bayarkan untuk menyewa peralatan.
Jika Anda merupakan pecinta kerang dan sejenisnya, bisa juga berburu cangkangnya di pantai pasir putih Teluk Awur ini. Ada begitu banyak cangkang yang berserakan hingga ke area tempat duduk tepi pantai.
Demikian juga dengan fasilitas pengisi perut (warung makan). Ada cukup banyak warung yang juga menyediakan aneka jajanan atau minuman di area pantai. Ini tentunya bisa Anda manfaatkan ketika Anda mulai merasa lapar atau haus setelah bermain bersama ombak Teluk Awur.
Untuk fasilitas lain yang bisa Anda gunakan adalah kamar bilas dengan tarif Rp 2.000,- per orang.
Nah, jika Anda membawa kendaraan roda 2, silahkan parkir di area terdekat dengan tempat duduk pilihan Anda atau di beberapa titik yang Anda inginkan.
 
 
Note:
 
Pantai Teluk Awur merupakan salah satu pantai dengan pasir putih yang menawan di Jepara. Sayangnya di beberapa titik terlihat cokelat, hal ini kemungkinan karena pengaruh sampah yang cukup berserakan di pantai.

 

Hal yang tentunya sangat disayangkan, mengingat pantai ini termasuk pantai yang memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata populer (terlihat dari pengunjung yang sangat banyak 02/08/2015).
 
Doc lain dari keindahan Pantai Teluk Awur

 

 

 

5 total views, 1 views today

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *