New Normal dan Kebutuhan Rapid Test

New normal sejatinya sudah mulai diterapkan di Indonesia sejak beberapa minggu belakangan. Selain harus selalu menerapkan protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, mengenakan masker saat berada di luar rumah, menjaga jarak fisik (physical distancing), dan menerapkan etika batuk ataupun bersin, hasil rapid test nyatanya juga menjadi hal yang tidak kalah penting.

Bagaimana tidak, sekarang ini untuk bisa naik pesawat atau bepergian keluar kota pun harus dapat menunjukkan hasil rapid test. Tidak terkecuali ketika kita mengunjungi beberapa tempat wisata di Indonesia yang sudah mulai dibuka kembali. Nah, kalau teman-teman apakah sudah ada yang melakukan rapid test?

Yuk, Kenalan Dengan Istilah Rapid Test

Illustrasi oleh reksitawardani

Rapid test adalah metode skrining awal yang berfungsi untuk mendeteksi antibodi IgG dan IgM. Kedua antibodi ini dibentuk oleh tubuh kita ketika ada paparan virus Corona.

Artinya, jika kedua antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh kita, maka kemungkinan besar kita sudah pernah terpapar atau bahkan terinfeksi oleh virus Corona.

Dimana Bisa Melakukan Rapid Test?

Source: halodoc.com

Sebelumnya, pemerintah membatasi rapid test hanya untuk individu tertentu karena keterbatasan alat, tetapi saat ini teman-teman bisa lebih mudah melakukannya dengan memanfaatkan fasilitas online. Layanan ini dapat teman-teman akses, salah satunya melalui Halodoc.

Akses layanan rapid test drive thru melalui Halodoc ini tergolong sangat mudah digunakan, lho. Teman-teman hanya perlu mengaksesnya melalui aplikasi Halodoc, lalu klik ‘Lokasi Rapid Test Drive’. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk yang diberikan, seperti mengunggah data diri dan melakukan pembayaran.

Jika semua proses sudah selesai dan teman-teman sudah mendapatkan SMS konfirmasi, segera kunjungi lokasi yang sudah dipilih untuk melakukan pemeriksaan.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, teman-teman akan diminta untuk pulang dan hasilnya akan dikirimkan satu hari setelahnya langsung melalui SMS ke nomor yang sudah didaftarkan atau melalui notifikasi di aplikasi Halodoc kalian.

Bagaimana Jika Hasilnya Positif?

hasil rapid test
Illustrasi oleh reksitawardani

Sebagaimana disinggung dalam penjelasan di atas, hasil yang positif menandakan bahwa teman-teman kemungkinan sudah pernah terpapar atau terinfeksi virus Corona. Tetapi, perlu kalian ketahui bahwa antibodi yang terdeteksi bisa saja terbentuk karena tubuh kita terpapar virus Corona jenis lain, bukan yang menyebabkan Covid-19.

Oleh karena itu, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter. Dalam hal ini dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan tes PCR untuk memastikan ada atau tidaknya infeksi SARS-Cov-2, yang merupakan penyebab Covid-19.

Teman-teman juga bisa langsung melakukan konsultasi dengan dokter di Halodoc melalui aplikasi untuk mengetahui tindakan apa yang seharusnya diambil.

Bagaimana Jika Hasilnya Negatif?

hasil rapid test negatif
Illustrasi oleh reksitawardani

Ada dua hal yang perlu teman-teman ketahui tentang pemeriksaan yang menunjukkan hasil negatif. Pertama, tubuh teman-teman memang ‘aman’ dari coronavirus. Kedua, mungkin saja sebenarnya positif tetapi belum terdeteksi.

Untuk alasan kedua ini sangat mungkin terjadi karena tubuh belum membentuk antibodi terhadap virus Corona. Maka dari itu, bagi yang mendapatkan hasil negatif biasanya akan disarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari (meskipun tidak bergejala) dan melakukan pemeriksaan ulang sekitar 7 hingga 10 hari setelah test pertama.

Nah, jika selama isolasi ternyata muncul gejala Covid-19, seperti demam, batuk, suara serak hingga sesak napas, disarankan untuk segera menghubungi rumah sakit atau fasilitas layanan kesehatan rujukan Covid-19 untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Bagaimana teman-teman? Setelah membaca pembahasan singkat di atas, apakah ada niatan untuk melakukan rapid test di fasilitas kesehatan atau rumah sakit terdekat? Jangan sampai rencana bepergian kalian batal atau bahkan harus melakukan refund tiket pesawat karena tidak bisa memenuhi persyaratan rapid test, ya.

(Visited 69 times, 1 visits today)

Leave a Reply