Mengunjungi Jawa Tengah versi Mini

Jika Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan miniatur dari Indonesia, maka Taman Mini Jawa Tengah adalah Puri Maerakaca. Yap! Puri Maerakaca merupakan destinasi wisata Semarang yang terletak di Jalan Yos Sudarso Semarang (sekitar 5 Km dari kawasan Tugu Muda). Salah satu kawasan taman PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah ini hadir sebagai taman mini dari wilayah Jawa Tengah yang meranngkum keseluruhan rumah adat (anjungan) 35 kota dan kabupaten di seluruh Jawa Tengah, termasuk juga wisata unggulan dari masing-masing kota dan kabupaten tersebut.

Anjungan hingga miniatur objek wisata

Puri Maerakaca memang tepat disebut sebagai destinasi pilihan untuk mengenal Jawa Tengah secara lebih dekat dan tentunya praktis. Apakah Taman Mini Jawa Tengah ini hanya menampilkan anjungan atau rumah adat yang dimiliki oleh setiap daerah di Jawa Tengah?

1. Rumah Adat

Hal pertama yang terlihat sangat jelas di destinasi wisata ini adalah anjungan yang berjajar rapi memenuhi seluruh lokasi Puri Maerakaca. Mulai dari anjungan Kabupaten Dati II Sragen yang terletak tepat setelah area bermain hingga anjungan Pekalongan yang berada dekat dengan Laut Jawa mini. Nah, dalam setiap anjungan tersebut di dalamnya sudah mencakup salah satunya yaitu rumah adat masing-masing daerah. Semua rumah adat yang ada juga terlihat dilengkapi dengan keunggulan dari masing-masing wilayah. Misalnya saja seperti patung sapi pada anjungan Boyolali yang menunjukkan bahwa Boyolali terkenal sebagai daerah pengembangan sapi perah. Selain Boyolali juga ada Jepara yang menampilkan patung kayu sebagai lambang Jepara yang terkenal sebagai kota ukir.

2. Miniatur objek wisata populer

Bukan sebatas bisa mengenal dan mengetahui rumah adat dari masing-masing kabupaten atau kota yang ada di seluruh Indonesia. Tetapi di setiap anjungan wawasan juga semakin bertambah mengenai wisata Jawa Tengah. Karena di masing-masing anjungan memang sudah dilengkapi juga dengan miniatur destinasi wisata populer dari daerah tersebut. Beberapa diantaranya seperti Rawa Pening di Kabupaten Semarang, Situs Purbakala di Sragen, Candi Sewu dan Makam Pandanaran di Klaten, Menara Kudus di Kudus, Candi Cetho serta Candi Sukuh di Karanganyar dan masih banyak lagi.

3. Icon identitas kota dan kabupaten

Selain anjungan Jepara yang dilengkapi dengan identitas sebagi kota ukir, anjungan daerah lain juga dilengkapi dengan identitas dari daerah yang bersangkutan seperti salah satu yang paling kental adalah Patung Jamu Gendong sebagai identitas dari Kabupaten Sukoharjo.

4. Laut Jawa mini

Bukan hanya menambah wawasan dengan mempelajari anjungan dari kabupaten dan kota di Jawa Tengah, Puri Maerakaca juga sudah menyediakan Laut Jawa versi mini lengkap dengan dermaga dan perahu atau becak air untuk mengarunginya.

Puri Maerakaca tetangga Kampung Laut

Menemukan lokasi Puri Maerakaca sebenarnya bukan hal yang sulit, cukup temukan saja PRPP atau Kampung Laut. Karena Puri Maerakaca memang tepat bersebelahan dengan Kampung Laut. Jadi, kalau mengaku sudah pernah atau sering menyambangi Kampung Laut untuk menikmati aneka olahan seafood tapi belum menyambangi Puri Maerakaca, tentu rugi namanya.

Apalagi untuk masuk ke Puri Maerakaca juga sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 8.000 per pengunjung. Ditambah dengan beberapa rupiah jika ingin menikmati sensai kereta mini, becak air atau kapal.

 

 

 

Wisata rekreasi keluarga dan edukasi

Melihat semua yang tersedia di dalam Puri Maerakaca, tentu saja sangat setuju jika destinasi wisata di Semarang ini adalah pilihan rekreasi keluarga yang sangat mengedukasi bukan? Mulai dari anak-anak hingga usia dewasa sekalipun tidak ada ruginya jika berkunjung ke Taman Mini Jawa Tengah ini. Karena ibarat pepatah ” tak kenal maka tak sayang“, Puri Maerakaca adalah tempat untuk mengenal Jawa Tengah dalam waktu yang singkat.

Maka dari itu, saatnya untuk berkontribusi mengenalkan Taman Mini Jawa Tengah ke seluruh penjuru Indonesia atau bahkan dunia untuk bercerita bagaimana indahn dan beragamnya Jawa Tengah. Meskipun sekarang ini Puri Maerakaca sedang berbenah untuk bangkit kembali dari “keterpurukan”, namun diharapkan pengunjung kian bertambah dan berhasil membawa Puri Maerakaca menjadi destinasi rekreasi dan edukasi yang populer.

Mari berkunjung ke Merakaca
Peta Puri Maerakaca

 

Pintu masuk

 

Taman bermain

9 total views, 6 views today

You may also like

4 Comments

  1. hampir mirip sama TMII mbak..keren..jadi gk perlu muter2 jawa tengah secara menyeluruh…cukup ke taman Purimaerakaca udah dapet semua jawa tengahnya 😀
    salam kenal mbak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *