Menghalau Hyperphobia Dengan Wahana “Marine Bridge”, Umbul Sidomukti

Wahana pacu adrenalin Umbul Sidomukti, yap persis seperti namanya. Menjajal satu wahana pacu adrenalin “Marine Bridge” saja sudah membuat saya gemetar tidak karuan.  Padahal masih ada 4 wahana pacu adrenalin lainnya yang menggoda untuk dicoba.

Rasanya memang kurang lengkap jika menyambangi Umbul Sidomukti jika hanya sebatas nongkrong di bukit aksara, nyeruput kopi di pondok kopi atau berenang di kolam alam tanpa terjun ke wahana pacu adrenalin ini.

Memangnya apa saja wahana pacu adrenalin di Umbul Sidomukti?

Ada 5 jenis wahana pacu adrenalin yang dapat Anda jajal selama berada di kawasan wisata yang berada di ketinggian ini. Wahana-wahana tersebut adalah:
1. Flying Fox Lembah yang akan membawa Anda meluncur dari bukit yang satu ke bukit lainnya dengan kedalaman lembah melebihi 70 meter. Meskipun mendebarkan rasanya, melesat dan mendarat secara singkat akan membuat Anda merasa bangga dan puas.
Umbul Sidomukti
2. Flying Fox Terusan atau duo flying fox (start flying fox lembah kemudian kembali dengan flying fox balik). Ini cocok Anda jadikan pilihan jika mungkin merasa kurang puas dengan hanya sekali meluncur menggunakan Flying Fox Lembah. Namun perlu Anda ketahui, wahana ini lebih panjang sekaligus lebih tinggi dibanding Flying Fox Lembah, hmmmm pasti lebih menyenangkan bukan?
3. ATV, nah wahana yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Melaju melintasi track yang demikian terjal menggunakan motor roda 4. Sangat cocok menjadi pilihan Anda yang gemar balap. Lokasi yang berada di ketinggian akan membuat Anda ketagihan lagi dan lagi, terutama ketika Anda berhasil menjadi juara.
4. Highest Triangle (Magic Box, stick Bridge, Badui Bridge), sebenarnya ini wahana yang sudah lama saya incar namun belum berhasil juga saya taklukan karena masih ngeri melihat jalurnya yang hanya berjalan di atas ketinggian beralaskan papan kecil. Bagi Anda yang berminat menjajal wahana ini Anda harus start dengan meluncur menaiki magic box untuk melintasi jalur pertama. Baru setelah itu Anda harus menyiapkan mental untuk melintasi jembatan kayu yang panjangnya mencapai 60 meter. Mulai merasa lelah atau gemetar? Silahkan beristirahat sejenak di tower utama, mengumpulkan tenaga sembari menikmati pemandangan lembah Sidomukti. Setelah keberanian sudah pulih dapat Anda lanjutkan perjalanan dengan meniti stick bridge hingga garis finish. Menegangkan!!
Umbul Sidomukti

 

Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti
4. Marine Bridge sebagai wahana pacu adrenalin yang membuat saya berani menakhlukan Hyperphobia. Jujur saja selama ini saya setengah mati mencoba mengusir Hyperphobia alias phobia ketinggian. Meskipun saya tidak berani melihat kebawah, lembah yang terbentang luas dan menurut adik saya sangat indah, setidaknya saya harus tetap pandai mengatur keseimbangan sekaligus mengumpulkan nyali besar untuk melangkah secara pasti. Karena saat saya salah memijakkan kaki, maka saya akan terperosok di sela-sela jaring. Badan yang terombang ambing menyajikan sensasi ketakutan sekaligus rasa tertantang untuk bangkit dan kembali melangkah. Hufffff benar-benar sensasi yang luar biasa. Saya sendiri sampai kehabisan kata-kata untuk menjelaskan keseruan dari Marine Bridge, selain karena kaki saya sudah gemetaran berkali-kali terombang ambing membuat saya kehilangan kata-kata.. hihi. Wajib Anda coba untuk merasakan sendiri bagaimana sensasinya. Berani? (sejujurnya saya sempat minta tolong ke adik saat jatuh terduduk di atas jaring karena goncangan yang demikian kuatnya).
Umbul Sidomukti
Memang lembah Sidomukti yang sejuk  karena berada di lereng Gunung Ungaran sangat tepat dijadikan sebagai lokasi unik berpetualang sekaligus rekreasi. O iya, harga untuk menikmati wahana ini mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp 40.000 saja. Sementara jika Anda berniat untuk menggunakan paket wahana, silahkan kunjungi situs website resmi Umbul Sidomukti di www.umbulsidomukti.com.

Melepas letih di pondok Kopi dan bukit aksara

Kehabisan energi setelah melawan wahana pacu adrenalin? Anda dapat langsung menuju pondok kopi untuk menyeruput secangkir kopi, cokelat atau minuman tradisional nusantara di pondok kopi. Tentunya ditemani dengan pemandangan yang menggoda sekaligus mempesona dari ketinggian. Harga yang harus Anda bayarkan untuk dapat menikmati sensasi ini sekitar Rp 5.000- Rp 50.000 (tergantung pesanan ya).
Umbul Sidomukti
www.umbulsidomukti.com
Jika enggan ke pondok kopi, Anda dapat bersantai sambil menikmati pemandangan Sidomukti di bukit aksara atau mengunjungi Goa Tirta Mulya dengan merogoh kocek Rp. 5000. Sayangnya goa ini tidak selalu dibuka.

Tiket dan akses menuju Umbul Sidomukti

Berbicara masalah tiket, karena untuk memasuki masing-masing wahana harus membayar tiket jadi paling tidak Anda harus membayar tiket untuk parkir motor di masing-masing area tujuan Anda senilai Rp 2.000 dan tiket masuk wisata Rp 4.000. Rp 10.000 untuk menikmati kesegaran kolam renang alam Umbul Sidomukti, Rp 15.000-40.000 wahana pacu adrenalin dan sewa kuda mulai dari Rp 100.000.
Umbul Sidomukti
Sedangkan akses menuju ke surga di atas awan ini dapat ditempuh dari Jalan utama Semarang-Solo. Sampai di pom bensin Lemah Abang Anda harus mengikuti jalan menuju ke Bandungan. Setelah sampai di pasar Jimbaran, masuk ke gang bertuliskan Mawar Camp dengan jalanan yang menanjak. Di sepanjang jalan sudah ditempatkan papan petunjuk ke Taman Renang Alam Sidomukti, Anda hanya perlu mengikutinya.

 

Umbul Sidomukti
Ketika Anda berniat untuk menikmati sunset atau sunrise dapat memanfaatkan penginapan atau villa dan camping di area wahana pacu adrenalin yang tersedia di dalam kawasan wisata Umbul Sidomukti. Biaya untuk menyewa villa sendiri mulai dari Rp. 300.000 hingga Rp 1.500.000.

Tips berkunjung ke Umbul Sidomukti

 
Umbul Sidomukti
 
1. Jika ingin menjajal semua wahana lebih baik datang sejak pagi hari agar tidak kehabisan waktu.
2. Gunakan motor atau mobil, karena bus ukuran besar tidak akan bisa masuk ke area ini. Jalanan yang ada sangat sempit.
3. Mulai dari menjelajah wahana pacu adrenalin > kolam renang alam > Goa Tirta Mulya > pondok kopi/bukit aksara agar tidak kehabisan tenaga ketika bermain di wahana pacu adrenalin.
4. Jika ingin menjajal wahana pacu adrenalin, terutama Marine Bridge atau Highest Triangle lebih baik pastikan tubuh dalam kondisi 100% fit, sudah sarapan, lakukan pemanasan ringan dan lebih baik penderita Hyperphobia akut  tidak menjajal wahana ini.
5. Gunakan denah wisata yang bisa diunduh dari situs resmi Umbul Sidomukti agar tidak bingung mencari wahana yang Anda inginkan.
Selamat rekreasi dan berpetualang ditemani sejuknya lereng Gunung Ungaran!

6 total views, 1 views today

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *