Kesejukan Alam Hijau Kebun Teh Medini – Kendal

Kebun teh Medini berada di bagian sisi utara dari Gunung Ungaran. Lebih tepatnya lagi berada pada kawasan Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan, Kendal, kebun teh ini juga terletak pada ketinggian 2050 meter dpl.

Jalur menuju Kebun Teh Medini

 
Kebun Teh Medini
Untuk bisa mencapai ke kawasan Kebun Teh Medini ini memang bukan sesuatu yang mudah. Sangat berbeda dengan objek wisata biasa yang mungkin sering Anda kunjungi. Disini jalan yang digunakan merupakan jalanan standar truk pengangkut teh. Jadi, Anda akan melihat para pengunjung banyak menggunakan jeep atau kendaraan roda dua.
Akses dari Semarang:
Jika Anda menuju ke Kebun Teh Medini dari arah Semarang. Maka Anda bisa mencoba melewati Pasar Jrakah-Boja dengan melewati Kecamatan Mijen kemudian Cangkiran. Ketika Anda memasuki kawasan Cangkiran, silahkan lurus saja hingga menuju ke Taman Rejo (jika belok ke kanan Anda akan menuju ke Kecamatan Boja). Setelah berhasil melewati Kelurahan Taman Rejo barulah Anda masuk menuju ke Medini, dimana jalanan ini tidak mulus dan berbatu.
Akses dari Ungaran:
Untuk jalur yang satu ini merupakan jalur utama yang saya jadikan sebagai pilihan. Dari Uangaran Anda bisa melewati jalur Pasar Ungaran-Gunung Pati, selanjutnya bisa langsung menuju ke Cangkiran. Jalur yang akan Anda lewati disini cukup sempit dan harus ekstra hati-hati. Namun jalan yang dilewati memang sudah beraspal mulus. Hanya saja penting diperhatikan, ketika sampai di Cangkiran ada dua alternatif pilihan jalan yaitu jalan alternatif dan jalan utama.
Meskipun sampai disini sempat nyasar (seperti sudah menjadi kebiasaan ketika berpetualang J) tapi sangat lega karena pada akhirnya berhasil sampai ke Kelurahan Taman Rejo. Oh ya, jika Anda sempat tersesat atau lupa arah sampai disini lebih baik bertanya ke warga sekitar (warganya ramah-ramah kok). Nah, setelah melewati Kelurahan Taan Rejo (Kecamatan Limbangan) selanjutnya Anda akan melewati akses menuju ke Medini yang sangat tidak mulus karena berupa
jalanan berbatu.

 

akses menuju Kebun Teh Medini

 

Sampai di jalur ini Anda harus ekstra sabar dan juga waspada dengan kondisi dari jalanan yang Anda lalui. Perjalanan dari awal jalanan beraspal hingga menuju pintu masuk ke Kebun Teh Medini butuh kurang lebih 30-40 menit (tergantung dengan kendaraan yang digunakan). Anda nantinya juga akan melewati Desa Gempol serta beberapa desa yang lainnya.
akses menuju Kebun Teh Medini
Setelah melewati desa terakhir ini Anda akan melewati jalur berkelok-kelok dengan pemandangan berupa perbukitan serta beberapa tanaman kopi. Udara akan mulai terasa dingin ketika memasuki kawasan ini. Jika Anda melewati Jalan Promasan Anda sudah bisa langsung sampai ke loket tempat pembelian tiket masuk ke kebun teh.

Kegiatan wisata menarik di Kebun Teh Medini

 
Kebun Teh Medini
Selama berada di wisata alam hijau yang sejuk dan dingin ini Anda bisa menghabiskan waktu dengan berfoto-foto untuk mengabadikan keindahan Kebun Teh Medini, bersantai di taman yang ada di tengah kebun teh sambil menikmati udara sekitar yang sejuk dan berbagai kegiatan wisata lainnya.
Kebun Teh Medini
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kebun Teh Medini

Fasilitas wisata Kebun Teh Medini

 
Kebun Teh Medini

 

Sayangnya untuk fasilitas wisata yang ada hanya berupa mushola dan beberapa ruang kamar mandi. Berhubung warung yang ada juga hanya satu, jadi akan lebih baik jika Anda membawa sendiri bekal dari rumah atau membelinya ketika dalam perjalanan.
Kebun Teh Medini

 

Nah, setelah puas berkeliling kebun teh jangan lupa juga untuk mampir ke Curug Lawe Medini yang berada tidak jauh dari kawasan kebun teh.

6 total views, 1 views today

You may also like

8 Comments

  1. Halo mbak, salam kenal 🙂

    Jaman masih remaja unyuu, sering kesini. Pengen kesini lagi, mumpung anak2 udah besar. Bahkan sampai ke desa promasan, yg ada gua Jepang, pancuran air buat mandi. Banyak banget memori di sini 🙂

    1. Wah terakhir saya kesana sih kurang memungkinkan, jalannya terlalu sulit kalau untuk dilalui mobil atau bis.. apalagi di musim hujan 🙂 tapi kurang tahu untuk kondisi sekarang ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *