Jarang Travelling? Travel Blog Tetap Bisa Eksis dengan 17 Ide Postingan Ini!

ide postingan travel blog

Travel blogger. Kesannya asik ya punya blog yang membahas tentang travelling. Tapi terkadang saat kita nggak travelling bingung juga ya mau membuat blog post tentang apa.

Belakangan ini saya sudah melakukan riset kecil, berhubung saya sendiri juga sedang jarang travelling dan ini dia beberapa ide postingan untuk blog travelling saat kita sedang tidak travelling:

1. Travel bucket list

Saya suka banget sih membaca tentang rencana seseorang mau travelling ke mana suatu hari nanti. Ini bisa jadi satu motivasi tersendiri. Mungkin orang yang membaca travel bucket list kita jadi bisa terinspirasi kemana mereka akan travelling.

Nah, di dalam travel bucket list ini kita bisa menyebutkan satu saja destinasi wisata incaran dan alasan kenapa kita ingin mengunjunginya. Selain itu kita juga bisa membuat bucket list tentang beberapa destinasi wisata yang ingin kita kunjungi, misalnya di Pulau A, di salah satu kota di Indonesia atau destinasi pantai yang ada di negara B.

 

2. Review serba lokal

Kamu juga bisa membuat blog post tentang berbagai hal yang ada di daerah atau lingkungan tempat tinggal kamu, misalnya tempat nongkrong favorit anak muda di kota kamu, tempat makan mie ayam enak di lingkungan tempat tinggal kamu, atau cafe terbaru dengan konsep unik yang baru di buka di kota kamu. Pokoknya apa saja yang menurut kamu menarik di sekitar kamu. 

 

3. Packing list

Pastinya kita enggak harus berangkat travelling dulu kan untuk bisa menulis tentang daftar perlengkapan atau barang-barang yang bisa dibawa travelling. Kamu yang berencana untuk liburan, weekend getaway atau haul perlengkapan travelling juga bisa membuatnya menjadi blog post dengan ide packing list.

Bisa juga nih dari pengalaman travelling kamu sebelumnya, misalnya packing list yang wajib dibawa saat liburan ke pantai atau packing list yang wajib dibawa saat liburan ke ke negara 4 musim, saat musim salju, musim semi, musim gugur atau musim panas, packing list untuk naik gunung, dan lain sebagainya 

 

4. Travel makeup

Terkadang bagi orang yang suka travelling memilih produk make up atau Skin Care itu gampang-gampang susah, misalnya untuk menjaga agar kulit tidak terbakar sinar matahari karena kita sering berada di luar ruangan atau make up yang gak gampang luntur, waterproof atau nggak butuh touch up berkali-kali.

Apalagi saat kita travelling ada banyak banget produk make up di luar sana yang bisa kita coba dan kita rekomendasikan melalui blog post di blog travelling kita.

 

5. Tips merencanakan travelling di kemudian hari

Nah yang namanya rencana travelling itu ada banyak sekali persiapannya kan, salah satunya adalah mempersiapkan dana. Selain itu kita juga perlu menyiapkan tiket pesawat pesawat, tiket kereta atau alat transportasi lainnya. Termasuk juga penginapan, itinerary, barang-barang yang akan dibawa, dan lain sebagainya.

Kita bisa lho menjadikan ini menjadi blog post khusus, misalnya membahas bagaimana caranya menabung untuk bisa mewujudkan keinginan travelling kita, tips bagaimana caranya mencari tiket promo atau tiket murah untuk travelling kita selanjutnya, bagaimana caranya mendapatkan hotel murah atau penginapan yang tepat di destinasi tujuan kita selanjutnya.

Di mana semua itu bisa kita kemas dalam satu blog post atau bisa kita bagi dalam beberapa pembahasan beberapa blog post berseri 

 

6. Tips naik pesawat

Nggak semua orang yang pernah travelling itu pernah naik pesawat, betul? Nah, salah satu blog post yang bisa kita buat idenya bisa kita ambil dari sini, yaitu tips untuk mereka yang baru pertama kali naik pesawat atau tips naik pesawat ke destinasi tertentu.

Sebagai contoh, tips nyaman naik pesawat jarak jauh, tips apa saja yang perlu diperhatikan saat naik pesawat transit, apa yang boleh dibawa dan apa yang tidak, dan masih banyak lagi.

 

7. Momen favorit saat travelling

Destinasi wisatanya mungkin sudah dibahas di blog post kalian sebelumnya, tapi kita lagi butuh nih ide untuk membuat blog post selanjutnya. Kita bisa loh mengulas lagi tentang travelling kita ke destinasi yang sudah kita ulas itu, tetapi dengan konsep yang berbeda.

Contohnya nih kita bisa menulis tentang momen spesial atau momen yang paling berkesan selama kita berada di tempat tersebut, misalnya saja momen di mana kamu bertemu dengan teman baru, kamu berhasil menemukan destinasi lain yang baru di luar dari rencana travelling kamu, kamu berhasil mencicipi kuliner yang super unik atau kuliner legendaris misalnya dari suatu daerah dan berbagai momen berkesan buat kamu lainnya.

Biasanya pembaca sangat suka lho menemukan blog post yang terkesan lebih pribadi semacam ini. 

 

8. Travel hairstyle

Lagi-lagi kita bisa membahas sesuatu yang kesannya sepele tapi sebenarnya ini penting juga, salah satunya adalah hair style atau tatanan rambut spesial untukl mereka yang suka travelling atau berencana traveling.

Ya namanya juga rambut, pasti menjadi perhatian khusus saat kita travelling, misalnya nih saat kita panas-panasan dan rambut kita panjang rasanya pasti akan gerah dan ribet kalau rambutnya kita gerai begitu saja, selain itu kita juga butuh style yang menarik untuk foto. Pastinya nggak mungkin kan kalau kita foto dalam kondisi rambut acak-acakan yang tentunya bakal membuat kita jadi terkesan tidak menarik.

 

9. Aplikasi favorit untuk traveling

Ada begitu banyak aplikasi yang sekarang ini dirilis yang bisa memudahkan seseorang untuk travelling. Kamu bisa menyebutkan aplikasi mana yang menjadi favorit kamu, misalnya untuk mencari tiket murah, untuk pesan tiket kereta, untuk booking hotel, untuk menulis itinerary, untuk panduan wisata di sebuah kota atau suatu negara, aplikasi penunjuk jalan, atau aplikasi untuk menemukan tempat makan enak di destinasi tujuan kita. Ini bisa menjadi blog post yang sangat bermanfaat karena pastinya sangat dibutuhkan oleh pembaca. 

 

10. Jadilah inspirasi

Kita bisa juga berbagi tentang alasan kenapa kita suka travelling atau kenapa kita memilih untuk menjadi travel blogger. Misalnya, bagaimana orang-orang yang kalian temui di sebuah destinasi baru, bagaimana destinasi yang kalian kunjungi, apa yang kalian dapatkan dari setiap perjalanan kalian, dan berbagai hal menginspirasi lainnya yang bisa kalian ceritakan ke pembaca kalian melalui sebuah blog post spesial ini.

Enggak sedikit kok travel blogger ternama atau influencer travel yang melakukan hal ini, di mana mereka berbagi cerita kenapa mereka memilih untuk menjadi seorang traveler, memilih untuk menjadi travel blogger atau travel influencer, bagaimana perjalanan mereka memulai dari nol sampai sekarang ini mereka sukses di dunia travelling, dan masih banyak lagi. Kalian bisa meniru mereka dan mengungkapkannya dengan versi kalian sendiri.

 

11. Travel Q&A

Cobalah sesekali membuat Q & A untuk followers kalian atau pembaca blog kalian, setelah itu kalian bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka melalui sebuah blog post yang kalian buat. Apalagi kalau kalian sudah punya banyak followers atau pembaca blog.

Terkadang ada orang yang ingin menanyakan berbagai hal tapi bingung bagaimana caranya menanyakannya pada kita atau mungkin kita nggak pernah memberi mereka kesempatan untuk bertanya. Jadi ini bisa menjadi kesempatan besar buat kalian untuk memberikan kesempatan kepada mereka dan lebih dekat lagi dengan pembaca atau followers kalian.

 

12. Kalau kita punya Rp. XXX kita mau kemana…

Enggak sedikit loh blogger di luar negeri yang sudah menerapkan ini. Kalau untuk di dalam negeri saya sendiri kurang tahu.

Kurang lebih blog postnya seperti ini, misalnya kalau kalian punya uang 100 juta kalian mau pakai uang itu untuk travelling ke mana, apa saja yang akan kalian lakukan dengan uang itu, siapa yang akan kalian ajak, di mana kalian akan menginap, beritahu pembaca kalian mengenai rencana itu siapa tahu semakin banyak membaca kalian suatu hari nanti rencana itu akan benar-benar terwujud. Hehe

 

13. Tips solo traveling

Di masa ini enggak sedikit kan orang yang tertarik melakukan solo travelling, terutama mereka yang masih single, termasuk pastinya beberapa pembaca dari blog ini kan? Nah kalau sebelumnya kalian sudah pernah melakukan Solo travelling kalian bisa membuat blog post tentang tips-tips penting yang tentunya sangat bermanfaat bagi Solo traveler, misalnya hotel yang cocok untuk solo traveling di mana biasanya solo traveler itu memilih dormitory yang lebih murah, transportasi yang aman untuk solo traveling, perlengkapan keamanan untuk solo traveler dan lain sebagainya.

 

14. Buku travelling favorit

Kalian sering baca buku travelling yang ditulis Trinity, Claudia Kaunang atau penulis lainnya? Kalian bisa review buku-buku travelling favorit kalian menjadi 1 blog Post. Kalian bisa sebutkan spa alasan kalian memilih buku-buku itu sebagai favorit, misalnya ceritanya menarik, ulasannya lengkap, destinasi destinasi nya nggak biasa atau alasan-alasan lainnya, siapa tahu ada pembaca kalian yang memiliki minat yang sama dengan kalian dan tertarik untuk membaca buku-buku yang sudah kalian baca itu. 

 

15. Tips traveling bersama teman pasangan atau keluarga

Kalau kita sudah terbiasa travelling sendirian, ketika kita harus travelling bersama teman pasangan atau keluarga pasti ada berbagai masukan khusus yang kita butuhkan. Bagaimana caranya travelling bersama orang tua, bagaimana caranya travelling bersama anak-anak, traveling mengajak bayi, atau travelling bersama pasangan untuk pertama kalinya.

Kalau kalian punya pengalaman yang sama, kalian bisa menuliskannya menjadi 1 blog post di blog travelling kalian. Bukan hanya bisa mengisi blog, kalian pastinya ini juga sangat bermanfaat kan untuk mereka yang membacanya. 

 

16. Budget travel tips

Sering ketemu seseorang atau mungkin justru teman atau keluarga kalian sendiri yang menganggap kalau travelling itu butuh uang yang banyak? Padahal faktanya dengan budget minim pun kita bisa traveling dengan puas, kita dapat pengalaman baru, kita dapat kenalan baru, dan kita bisa membuka mata kita bahwa dunia itu nggak hanya yang ada di lingkungan kita saja.

Nah, kita bisa nih berbagi dengan pembaca kita tentang destinasi destinasi rekomendasi kita yang bisa dikunjungi dengan budget minim, misalnya saya pernah membuat tips untuk berkunjung ke Jogja dengan budget minim dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang gratis atau tiket masuknya murah.

 

17. Tips mengambil foto saat traveling

Siapa sih yang nggak mau foto saat traveling? Sayang kan Ya sudah berkunjung ke suatu tempat tapi kita nggak punya kenangan selain yang ada di kepala kita, padahal suatu hari mungkin kita lupa dan untuk mengingatkan kita kembali salah satunya ya dengan melihat foto-foto yang kita simpan.

Selain itu di zaman sekarang ini yang namanya foto kan bisa dipajang di sosial media. Nah untuk bisa mendapatkan hasil foto yang keren saat kita travelling ini juga ada tips-tips tertentu, apalagi buat mereka yang mungkin travelling sendirian.

Tipsnya bisa berkaitan dengan cara berpose yang bagus saat kita berfoto saat traveling, peralatan apa saja yang sebaiknya dibawa, bagaimana caranya berfoto mungkin dengan remote kamera, bisa minta tolong dengan turis lain, atau dengan masyarakat lokal, kapan waktu yang tepat untuk berfoto seperti foto pagi hari, siang hari, sore hari atau malam hari, bagaimana cara mengedit nya, aplikasi editing apa yang bagus dipakai dan lain sebagainya. 

 

Wah, ternyata ada banyak sekali kan ide postingan yang bisa diterapkan di blog travelling. Jadi, kata siapa kita nggak bisa membuat blog travelling kalau kita nggak sebegitu seringnya travelling seperti mereka para travel influencer atau travel blogger terkenal.

Semoga blog post saya kali ini bisa bermanfaat dan jangan lupa kalau ada yang mau kalian tanyakan bisa langsung kalian tanyakan melalui kolom komentar di bawah blog post ini, dikirimkan ke email saya, atau kalian juga bisa DM melalui Instagram saya.

Jangan lupa di share ya supaya teman-teman kalian juga tahu tips ini.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *