Berburu Sunset Pantai Cipta (Pantai Peti Kemas)

Pantai Cipta, sepertinya untuk sekarang ini sudah banyak yang mendengar namanya. Bagaimana dengan Anda?
Pantai dengan sunset yang memikat ini merupakan satu diantara 5 pantai Semarang (Pantai Marina, Pantai Maron, Pantai Tirang dan Pantai Baruna). Bisa dibilang pantai di Semarang memang memiliki daya tariknya masing-masing. Katakanlah Pantai Maron dengan tepi pantainya yang landai atau Pantai Tirang dengan garis pantainya yang seakan tidak berujung, demikian halnya dengan Pantai Cipta yang juga memiliki keunikan tersendiri.

Ada petunjuk arah menuju pantai?

Jalan Arteri (Semarang)
Jalan Arteri
Sayangnya belum ada petunjuk arah menuju ke Pantai Cipta. Hanya saja yang terpenting darimanapun akses jalan Anda, untuk sampai ke pantai ini perlu melewati Jalan Arteri. Silahkan susuri jalan arteri hingga sampai ke terminal peti kemas. Akan lebih mudah jika Anda sudah sering melewati Jalan Arteri atau setidaknya mengetahui letak terminal peti kemas. Namun jika Anda kebingungan, maka ketika berada di Jalan Arteri (sekitar PT Tanah Mas atau Bea Cukai) Anda dapat coba tanyakan ke warga sekitar dimana letak terminal peti kemas (bisa juga langsung tanya letak Pantai Cipta).
Terminal Peti Kemas Semarang
Terminal Peti Kemas nampak dari jalan arteri
Pantai Cipta ini berada tepat di belakang peti kemas, sehingga Anda harus masuk ke jalan yang sudah tersedia di terminal peti kemas. Disini pula Anda akan dimintai kontribusi sebelum masuk ke area pantai. Kontribusi yang diminta sebesar Rp 5000 per kendaraan.
Terminal peti kemas
Jalan masuk ke Pantai Cipta 
(Terminal Peti Kemas)

Apa yang menarik dari Pantai Cipta?

Jika biasanya pergi ke pantai adalah untuk bermain pasir, maka berkunjung ke pantai cantik ini jangan harap Anda bisa puas bermain pasir. Mungkin ada beberapa titik area pantai yang berpasir, tetapi sebagian besar memang berupa batuan. Jadi, jika Anda ingin bermain pantai harus bisa mencari area-area tertentu saja.
Pantai Cipta
Batu di tepi Pantai Cipta
Meskipun demikian, Pantai Cipta memiliki pesona yang saya rasa tidak dimiliki pantai Semarang yang lainnya. Pasalnya air di pantai ini terlihat sangat jernih, bahkan ketika difoto airnya akan terlihat membiru. Tentu saja ini akan berbeda dibanding dengan air dari pantai lainnya yang terlihat sedikit cokelat (entah keruh atau memang asli).
Pantai Cipta
Air biru Pantai Cipta
Hal yang peling menyenangkan ketika berada di pantai yang  tidak jauh dari Pelabuhan Tanjung Mas ini adalah duduk di atas batu-batu kecil di tepi pantai sembari menikmati semilir angin laut. Sesekali jika berada sedikit ke tepi kaki Anda mungkin akan terkena gulungan ombak, terutama ketika ada kapal cargo yang hendak menepi atau ketika sore hari (air pasang).
Pantai Cipta
Berbagi hasil pancingan
Kagiatan lainnya yang menjadi favorit di Pantai Cipta tentu saja memancing. Ada begitu banyak pemancing yang sedang menunggu umpannya disambar oleh ikan di sepanjang pantai. Bahkan ada beberapa yang dengan santainya memancing di batu yang cukup jauh dari tepi pantai (mungkin ga takut tenggelam).
Pantai Cipta
Pengunjung yang ingin berenang
Sementara yang lain sibuk bersantai dan memancing, beberapa pengunjung lainnya juga ada yang menikmati jernihnya air di pantai cantik yang satu ini dengan berenang. Baik itu hanya di tepian pantai atau sedikit menuju ke laut lepas, asal jangan terlalu ke tengah karena ombak pantainya lumayan besar (daripada tenggelam).

Ada yang unik lagi dari Pantai Cipta?

 
Pantai Cipta
Ilalang Pantai Cipta yang mulai mengering
Bukan hanya tidak berpasir, tapi pantai yang satu ini memiliki padang ilalang. Ini menjadi satu hal unik yang pastinya sangat jarang ditemukan dari pantai lainnya. Karena umumnya di pantai Anda akan disuguhi dengan pemandangan pohon nyiur yang melambai-lambai begitu tingginya. Tetapi berada di Pantai Cipta akan membuat Anda bersantai ditemani ilalang yang melambai-lambai tidak kalah tingginya dengan tinggi badan Anda.

Tapi bagaimana akses menuju pantainya?

 
Pantai Cipta
Jalan menuju pantai (bagian dalam terminal peti kemas)
Bisa dikatakan akses menuju ke pantai tidak ada jalan yang menyedihkan jika di musim kemarau seperti sekarang ini. Karena setelah melewati jalan raya (Jalan Arteri) dan masuk ke jalur terminal peti kemas semua jalanan cukup stabil dan hanya ada beberapa jalan yang kondisinya belum begitu baik.
Pantai Cipta
Jalanan yang masih dipenuhi sampah
Tetapi masuk ke area pantai mungkin Anda harus sedikit lebih pintar, karena ada beberapa badan jalan yang berlubang. Sekalipun lubangnya memang tidak dalam tetapi akan membuat duduk Anda tidak nyaman bukan?

Sunset… Sunset … Sunset!!!! I love

Pantai Cipta
Nah, bagi Anda yang gemar berburu sunset untuk sekedar dipandangi atau dijadikan sebagai objek foto. Maka Pantai Cipta ini adalah tempat yang dapat direkomenddasikan kepada Anda. Sejujurnya saya sendiri jatuh cinta dengan magic hour yang ada di pantai ini.
Pantai Cipta
Pantai Cipta
Pantai Cipta
Pantai Cipta
Kapal cargo Tanjung Mas dari kejauhan
Pantai Cipta

Pantai Cipta

Pantai Cipta
Bangga menjadi Indonesiaperahu dengan bendera merah putih
“Semoga kedepannya Pantai Cipta menjadi wisata Semarang yang banyak diminati oleh wisatawan. Entah itu pengunjung dari wilayah Semarang maupun dari luar kota. Selama semakin dikembangkan, pantai ini memiliki potensi yang cukup besar.”

5 total views, 1 views today

You may also like

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *