7 Wisata Air Terjun di Semarang

Sudah sering berlibur atau tinggal di Semarang? Sudah sering menjajal kesejukan wisata air terjun di Semarang? Untuk yang tinggal di Semarang, baik itu wilayah kota maupun kabupaten rasanya kurang asik kalau belum mencoba pengalaman seru di salah satu air terjun di Semarang

Pasalnya sebagian besar dari air terjun yang ada di Semarang sendiri masih asri dan nyaman. Sangat cocok untuk refreshing, menyegarkan pikiran sekaligus tubuh setelah lelah menghadapi kesibukan selama satu minggu full. Airnya sangat sejuk, dingin ketika menyentuh kulit. Meskipun memang jalan yang harus ditempuh lebih banyak sulitnya daripada santainya. ^o^

Sebenarnya air terjun apa saja sih yang termasuk dalam wilayah Semarang. Berikut 5 wisata air terjun/ curug yang ada di Semarang.

1. Air Terjun/ Curug Lawe & Benowo



Cuug Benowo

 

Kedua air terjun/ curug ini terletak di Desa Kalisidi (Gunungpati). Curug Lawe dan Benowo ini juga berada disebelah anak-anak Gunung Ungaran sekaligus menjadi hulu dari Kali Banjir Kanal Barat (Kali Garang) yang ada di Semarang.

 

Curug Lawe Kalisidi

 

Alamat: Desa Kalisidi, Sekaran Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Wisata menarik: Berfoto dan mandi dibawah air terjun.
Kondisi jalan: Sempit, melewati tebing, jembatan kayu di atas jurang, tanjakan dan turunan bukit-bukit.

2. Air Terjun/ Curug Tujuh Bidadari



Curug Tujuh Bidadari

 

Air Terjun Bidadari merupakan wisata air terjun di Semarang yang memiliki tujuh terjunan air dengan tiga kolam air pada bagian bawahnya. Ketiga susunan tersebutlah yang kemudian membentuk tujuh buah air terjun. Secara total ketinggian dari air terjun ini sekitar 10 meter dengan air yang jernih, segar serta udaranya juga masih sejuk. Air terjun yang berlokasi di sebela barat dari Obyek Wisata Bandungan yang satu ini masih tergolong alami dan dikelilingi oleh pohon dengan panorama terasering persawahan.

Alamat: Dusun Keseneng, Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Wisata menarik: Berfoto, mandi di kolam air (dibawah air terjun), bersantai di gubug sekitar air terjun, menyantap kuliner ala Curug Tujuh Bidadari.
Kondisi jalan: Relatif mulus dan nyaris tanpa hambatan.

3. Air Terjun/ Curug Semirang



Curug Semirang

 

Air Terjun Semirang merupakan air terjun dengan ketinggian terjunan mencapai 45 meter. Air terjun ini juga terletak di leraang kaki Gunung Ungaran. Wisata air terjun Semirang sendiri memiliki luas yang mencapai 10 Ha dan dikelola oleh pihak Perum Perhutani.

Alamat: Dusun Gintungan, Desa Gogit, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Wisata menarik: Mandi di bawah air terjun, berfoto, menikmati keindahan alam ditemani suara satwa liar (burung dan serangga pohon).
Kondisi jalan: Menuju ke kawasan air terjun (dari parkiran), jalanan berupa tanjakan sekitar 500 meter. Menyeberang sungai dan mendaki jalan setapak.

4. Air Terjun Kembar Baladewa



Air Terjun Kembar Baladewa

 

Diberi nama kembar karena terdapat dua air terjun bersebelahan dengan jarak hanya 100 meter saja. Air terjun yang pertama tingginya sekiar 50 meter sementara satu air terjun lain memiliki ketinggian 70 meter. Masyarakat setempat sudah secara turun temurun menyebutnya “Air Terjun Baladewa”.

Alamat: Dusun Krajan, Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Wisata menarik: Mandi di bawah air terjun, mengabadikan keindahan alam asri
Kondisi jalan: Relatif mudah dijangkau.

5. Air Terjun Kali Pancur



Air Terjun Kali Pancur

 

Air Terjun Kali Pancur berada di punggungan Gunung Telomoyo dengan ketinggian 100 meter yang mengarah ke Danau Rawa Pening. Di sepanjang punggungan gunung yang satu ini bukan hanya menyembunyikan keindahan air terjun, akan tetapi juga banyak memiliki tebing batu andesit dengan tinggi yang beragam. Mulai dari 20 meter hingga 100 meter. Lokasi ini banyak dijadikan destinasi para pecinta alam untuk melakukan panjat tebing (90 derajat kemiringan).

Alamat: Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Wisata menarik: Menyaksikan keindahan alam yang alami dengan relief batu andesit dan tanaman perintis sekaaligus goa-goa sarang burung walet.
Kondisi jalan: Relatif sangat mudah.

6. Air Terjun Umbul Songo



Air Terjun Umbul Songo

 

Wisata air terjun di Semarang ini berada di ketinggian 1.450 meter dari permukaaan laut dan diapit Gunung Andong, Telomoyo dan juga Merbabu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan aliran tidak begitu deras dan ketika musim kemarau airnya akan mengering. Ada berbagai tanaman liar serta batu di kiri kanan aliran air terjun sebagai ornamen penghias alam yang khas.

Alamat: Kompleks wana wisata Kopeng, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Wisata menarik: Berfoto mengabadikan keindahan alam yang alami
Kondisi jalan: Menuju ke air terjun jalanan berupa jalan setapak yang licin ketika musim penghujan.

7. Grojokan Kemuning/ Curug Klething Kuning

Grojogan Kemuning

 

Masih berada tidak jauh dari kawasan Curug Tujuh Bidadari terdapat Grojokan Kemuning atau Curug Klething Kuning. Dinamai demikian sebab air yang mengalir di curug ini berwarna kekuningan. Sebenarnya merupakan air terjun yang sangat indah, sayangnya belum begitu tereksplor.

Alamat: Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Wisata menarik: Berfoto di tiga grojokan (Klething Kuning, Klething Merah, Klething Hijau) yang berdekatan atau di jembatan kayu dan bersantai di tempat duduk yang sudah tersedia di bukit kecil bersebelahan dengan Grojokan Klething Kuning.
Kondisi jalan: Cukup mudah dijangkau. Pengunjung hanya melewati sedikit turunan beton untuk sampai ke lokasi Curug.

Itulah wisata air terjun di Semarang. Selamat berpetualang ^_^

6 total views, 1 views today

You may also like

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *